Persepsi Alumni Jurnalistik terhadap Efektivitas Kurikulum Digital Fact Checking Universitas Multimedia Nusantara dan Perannya dalam Ruang Lingkup Media

Alden Noegroho, Mikael (2023) Persepsi Alumni Jurnalistik terhadap Efektivitas Kurikulum Digital Fact Checking Universitas Multimedia Nusantara dan Perannya dalam Ruang Lingkup Media. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi virus COVID-19 telah berdampak secara signifikan terhadap gaya hidup dunia. Terutama pada cara kita berkomunikasi antar sesama. Dengan minimalnya interaksi langsung. Komunikasi melalui ranah dunia digital menjadi semakin ditekankan. Yang juga berarti peran media semakin meningkat. Tetapi media sendiri juga rawan menjadi sasaran sarang misinformasi berbahaya yang bersifat palsu atau diframe untuk mendorong sebuah agenda terselubung. Yang terpapar di ranah dunia digital dengan wujud-wujud yang lebih susah untuk difilter dengan sekilas, terutama pada era digital dan di masa Pandemi hingga saat ini, dimana salah satu sumber utama informasi bagi publik terletak pada media-media digital dan dalam ranah dunia maya. Literasi Media seringkali diungkit sebagai salah satu keterampilan yang patut dimiliki seseorang terutama wartawan media dalam memilah banjirnya informasi era digital. Kurikulum Digital Fact Checking kampus Universitas Multimedia Nusantara merupakan salah satu kampus di pulau Jawa yang menawarkan sebuah mata kuliah yang berfokus pada aspek analisis informasi dalam bentuk pengecekan fakta pada media. Jadi bagaimana persepsi para alumni Jurnalistik kampus tersebut terhadap pengajaran konsep tersebut dan aplikasinya di dalam ruang lingkup sebuah media dimana mereka bekerja. Apakah dipraktekkan dalam situasi-situasi nyata setelah adanya upaya materi Literasi Media yang ditanamkan kedalam benak seorang individu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Literasi Media, Persepsi, Alumni, Fact Checking
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:45
Last Modified: 07 Jul 2023 10:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25850

Actions (login required)

View Item View Item