Sistem Rekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Elektif Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product (Studi Kasus: Program Studi Informatika Universitas Multimedia Nusantara)

Winata, Sinzie (2023) Sistem Rekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Elektif Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product (Studi Kasus: Program Studi Informatika Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (283kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (566kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pemilihan mata kuliah elektif pada jurusan Informatika di Universitas Multimedia Nusantara. Dengan semakin berkembangnya kurikulum, dan banyaknya mata kuliah elektif yang ditawarkan menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa dalam memilih mata kuliah pemintan yang tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah sebuah sistem rekomendasi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product (WP) dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memilih mata kuliah elektif. Dalam penelitian ini, metode AHP akan digunakan untuk membentuk hierarki kriteria yang terdiri dari tingkat kesulitan, prospek masa depan, nilai mata kuliah sebelumnya, dan minat. Kemudian, metode Weighted Product digunakan untuk melakukan perankingan dan memberikan rekomendasi berdasarkan bobot dari kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian ini telah diuji oleh 37 responden dengan menggunakan metode EUCS dan Skala Likert. Evaluasi tersebut menunjukkan bahwa sistem rekomendasi ini memiliki nilai yang memuaskan, dengan persentase keseluruhan kategori 88.73% menunjukkan sistem yang dibuat berguna untuk memberikan rekomendasi mata kuliah elektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analytical Hierarcy Process, Mata Kuliah Elektif, Sistem Rekomendasi, Weighted Product
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:47
Last Modified: 25 Aug 2023 06:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item View Item