Fungsi Media bagi Generasi-Z di Jabodetabek

Almalia Zahra, Alissa (2023) Fungsi Media bagi Generasi-Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Generasi-z merupakan orang-orang yang terlahir di generasi atau zaman internet. Hal ini menjadikan adanya perubahan pola konsumsi media dari generasi sebelumnya. Walaupun begitu, pada dasarnya media menjalankan fungsinya untuk menyampaikan informasi dengan berbagai tujuan. Dari penelitian sebelumnya yang ditemukan, fungsi hiburan menjadi fungsi yang banyak digunakan. Namun, pada penelitian ini bertujuan untuk melihat konseptualisasi fungsi komunikasi massa dari sudut pandang Nurudin karena masih adanya fungsi-fungsi yang belum terbahas. Nurudin memaparkan bahwa ada 8 fungsi komunikasi massa yaitu informasi, hiburan, persuasi, transmisi budaya, pewarisan sosial, mendorong kohesi sosial, pengawasan, dan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat fungsi-fungsi media mana saja yang masih signifikan bagi generasi-z melalui konseptualisasi fungsi komunikasi massa menurut Nurudin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 400 responden generasi-z di Jabodetabek. Penelitian ini menghasilkan bahwa fungsi media yang menjadi prioritas bagi generasi-z adalah fungsi informasi, hiburan, dan korelasi. Namun, fungsi lainnya masih dianggap penting karena berada di atas nilai rata- rata. Selain itu, walaupun saat ini generasi-z sudah beralih pola konsumsi media menjadi media digital, dilihat dari data ternyata responden juga masih tetap menggunakan media konvensional untuk mencari atau mendapatkan informasi, seperti menggunakan televisi dan radio.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: fungsi media, generasi-z, komunikasi massa Nurudin, pola konsumsi media
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:51
Last Modified: 07 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item