Rancang Bangun Website Edukasi Kejahatan Siber untuk Meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber Menggunakan Metode Gamifikasi

Sugiharto Putra, Edrick (2023) Rancang Bangun Website Edukasi Kejahatan Siber untuk Meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kejahatan siber (Cybercrime) berkembang seiring berjalannya perkembangan teknologi. Saat ini dimana teknologi sudah berkembang pesat, terdapat banyak manfaat yang dapat kita ambil dari perkembangan tersebut. Ada yang mengambil manfaatnya untuk hal baik, namun tidak sedikit juga yang mengambil manfaatnya untuk melakukan hal buruk. Buktinya adalah maraknya kasus kejahatan siber yang terjadi dewasa ini. Kejahatan ini dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya literasi mengenai kejahatan siber itu sendiri. Untuk itu, diperlukan suatu sistem yang dapat mengurangi kekurangan kesadaran literasi ini. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan membuat sebuah website yang mengedukasi tentang cybercrime. Untuk menarik minat pengguna dalam mempelajari dan lebih sadar mengenai cybercrime ini, website harus dibuat menarik. Oleh karena itu, digunakan metode gamifikasi menggunakan Octalysis framework. Dari hasil penelitian dan pengujian website yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang memuaskan karena website dapat diterima dengan baik oleh user. Terbukti dari skor rata-rata akhir yang didapatkan sebesar 80.22%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cybercrime, edukasi, gamifikasi, Octalysis framework, website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.8 Computer Security, Data Security
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:52
Last Modified: 25 Aug 2023 08:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25900

Actions (login required)

View Item View Item