Perbedaan Tingkat Kredibilitas Media Detik.com di Situs Web dan Metro TV di TikTok (Analisis Isi Berita Kasus Pembunuhan Brigadir J)

Austine, Chelsea (2023) Perbedaan Tingkat Kredibilitas Media Detik.com di Situs Web dan Metro TV di TikTok (Analisis Isi Berita Kasus Pembunuhan Brigadir J). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan internet tidak hanya mengubah perilaku khalayak dalam mencari berita, tetapi juga media itu sendiri. Media harus memahami beradaptasi dengan perkembangan teknologi supaya terus terhubung dengan audiens. Salah satu adaptasi yang dilakukan adalah mulai melakukan pemberitaan di media sosial seperti TikTok karena pencarian berita tidak lagi terbatas di platform berita aslinya saja, tetapi juga di perantara. Media sosial sendiri telah menjadi gerbang utama dari sumber informasi, terutama bagi generasi Z. Pemberitaan yang mengikuti format tampilan media sosial yang bersifat ringkas, sensasional, dan hiburan, lantas menimbulkan pertanyaan mengenai kredibilitas beritanya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kredibilitas media yang melakukan pemberitaan di media sosial dan di platform berita asli yakni situs web. Metro TV dipilih sebagai representasi media di TikTok dengan jumlah pengikut tertinggi. Begitu juga dengan Detikcom di situs web yang diketahui menjadi media daring yang paling banyak dikunjungi. Guna mencapai tujuan penelitian, studi ini mengimplementasikan pendekatan analisis isi kuantitatif terhadap kedua media daring pada berita yang berbasis audio visual atau video. Adapun, berita yang dianalisa adalah kasus pembunuhan Brigadir J, pada periode Juli 2022 hingga Oktober 2022 dan kemudian dikaitkan konsep kredibilitas media milik Salwen, Garrison, dan Driscol. Total terdapat 208 berita yang dianalisa oleh ketiga koder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Detikcom dengan pemberitaannya di situs web memiliki tingkat kredibilitas media yang lebih tinggi dibandingkan Metro TV di TikTok. Terlepas dari hal tersebut, kedua media berhasil memperoleh tingkat kredibilitas media yang "Sangat Tinggi".

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media daring, media sosial , tingkat kredibilitas, berita kriminal 8 Perbedaan Tingkat Kredibilitas..., Chelsea Austine, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:52
Last Modified: 07 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25901

Actions (login required)

View Item View Item