Analisis Pengaruh Leader-Member Exchange terhadap Work Engagement dengan Role Overload dan Job Security sebagai Variabel Mediasi pada PT XYZ

Daliaty, Tasya (2023) Analisis Pengaruh Leader-Member Exchange terhadap Work Engagement dengan Role Overload dan Job Security sebagai Variabel Mediasi pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Perkembangan industri manufaktur kabel serat optik (fiber optic) saat ini terus bertumbuh seiring dengan perkembangan revolusi industry 4.0. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kabel serat optik (fiber optic) di Indonesia. Pertumbuhan perusahaan nyatanya tidak sejalan dengan tingkat absensi karyawannya, terjadi kenaikan tingkat absensi karyawan PT XYZ pada 6 bulan terakhir yang disebabkan oleh role overload dan overtime. Kemudian, fenomena yang ditemukan adalah meningkatnya keinginan karyawan untuk pindah dari pekerjaan mereka saat ini, hal tersebut disebabkan karena karyawan mencari jenjang karir yang lebih baik untuk kedepannya dan membuktikan kurangnya tingkat keamanan kerja (job security). Selain itu, fenomena terkait leader-member exchange juga ditemukan yaitu hubungan antara atasan dan bawahan yang kurang baik, hal ini disebabkan oleh karyawan merasa bahwa pendapat-pendapat yang tidak didengar oleh atasannya. Fenomena-fenomena tersebut dapat berpengaruh pada tingkat work engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi work engagement pada PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif serta non- probability sampling yaitu judgmental samping dengan menggunakan data dari 84 responden. Responden pada penelitian ini merupakan karyawan tetap di PT XYZ dengan masa bekerja minimal 1 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengolahan data melalui program IBM SPSS 26 untuk uji pre-test dan SmartPLS 4 untuk uji main-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leader-member exchange yang dimediasi oleh role overload tidak berpengaruh positif terhadap work engagement, leader- member exchange yang dimediasi oleh job security berpengaruh positif terhadap work engagement, dan role overload tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap job security.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Leader-Member Exchange, Role Overload, Job Security, Work Engagement
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:52
Last Modified: 07 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25903

Actions (login required)

View Item View Item