Nurul Amara, Annisa (2023) Pengaruh Terpaan Berita Investasi di Media Online dan Media Sosial terhadap Tingkat Minat Berinvestasi Mahasiswa Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (298kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
Abstract
PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor pasar modal Indonesia sampai dengan 28 Desember 2022 telah mencapai 10,3 juta investor, angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 37,53 persen dari akhir tahun 2021 lalu. Dalam mengembangkan minat berinvestasi, pengetahuan investasi akan berpengaruh. Pengetahuan investasi bisa didapatkan melalui sumber dan sarana apapun, salah satunya adalah mendapatkan terpaan informasi dari berita investasi di media online dan media sosial. Selain itu, salah satu cara dalam memberikan edukasi pasar modal bagi mahasiswa ialah melalui kerja sama BEI dengan perguruan tinggi yang diberi nama galeri investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita investasi terhadap minat berinvestasi mahasiswa Jabodetabek. Teori yang digunakan adalah teori Kesenjangan Pengetahuan. Sementara itu, konsep yang digunakan adalah konsep Terpaan Berita, Keputusan Investasi, dan Berita Ekonomi dan Investasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan kriteria yang telah ditentukan. Metode penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif ini menggunakan teknik pengukuran data uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji beda T, uji regresi linear sederhana, dan uji regresi linear berganda. Terpaan berita (X) berpengaruh terhadap minat berinvestasi (Y) sebesar 34,9%, angka tersebut memberikan pengaruh yang kecil. Sementara itu, indikator news and information consumption, social media use for news, dan social media use for information memberikan pengaruh yang kecil sebesar 38% terhadap minat berinvestasi (Y) karena nilai tersebut di bawah 50%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Jabodetabek, Keputusan investasi, Media online, Minat berinvestasi, Terpaan berita |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:52 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25905 |
Actions (login required)
View Item |