Perbandingan Metode Fractal Brownian Motion dengan Diamond-square dalam Realtime Procedural Terrain Generation

Fahmi, Muhammad (2023) Perbandingan Metode Fractal Brownian Motion dengan Diamond-square dalam Realtime Procedural Terrain Generation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Penyampaian data yang dapat divisualisasikan dalam bentuk 2D dan 3D dimanfaatkan oleh pengembang game dan animasi untuk mengembangkan game dan animasi. Dalam pembuatan game tentu dibutuhkan objek-objek yang harus divisualisasikan, dimana salah satu dari objek tersebut adalah medan/terrain. Pembangunan terrain biasanya dilakukan secara prosedural karena lebih efektif, tetapi pembangunan secara prosedural dibutuhkan metode yang efisien (memiliki performa yang lebih baik) agar sumber daya dapat dialokasikan dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibandingkan metode Fractal Brownian Motion dan metode Diamond-square. Dimana penelitian ini akan melanjutkan saran dari penelitian yang dilakukan oleh Gardner pada tahun 2019. Perbandingan metode Fractal Brownian Motion dan metode Diamond-square untuk pembangunan terrain secara prosedural dan dilakukan secara realtime, diimplementasikan dalam perangkat lunak Unity. Dari implementasi perbandingan tersebut didapatkan bahwa pada metode Diamond-square, resolusi 257x257 lebih unggul sebanyak 12.54%, pada resolusi 513x513 sebanyak 33.91%, dan pada resolusi 1025x1025 adalah 54.44%. Dalam penelitian ini pula didapatkan bahwa metode Diamond-square lebih cepat 19.48% dalam rata-rata waktu render frame pada setiap kenaikan resolusi pembangunan terrain dibandingkan dengan metode Fractal Brownian Motion. Sehingga dari penelitian ini disimpulkan bahwa metode Diamond-square lebih unggul untuk performa dan lebih efisien untuk diterapkan dalam pembangunan terrain secara realtime dibandingkan metode Fractal Brownian Motion.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Diamond-square, Fractal Brownian Motion, Generasi Prosedural, Terrain, Unity
Subjects: 200 Religion > 210 Philosophy and theory of religion > 215 Science and religion
500 Science and Mathematic > 500 Science
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:53
Last Modified: 23 Aug 2023 03:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25907

Actions (login required)

View Item View Item