Fahmi, Muhammad (2023) Perbandingan Metode Fractal Brownian Motion dengan Diamond-square dalam Realtime Procedural Terrain Generation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (536kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
Abstract
Penyampaian data yang dapat divisualisasikan dalam bentuk 2D dan 3D dimanfaatkan oleh pengembang game dan animasi untuk mengembangkan game dan animasi. Dalam pembuatan game tentu dibutuhkan objek-objek yang harus divisualisasikan, dimana salah satu dari objek tersebut adalah medan/terrain. Pembangunan terrain biasanya dilakukan secara prosedural karena lebih efektif, tetapi pembangunan secara prosedural dibutuhkan metode yang efisien (memiliki performa yang lebih baik) agar sumber daya dapat dialokasikan dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibandingkan metode Fractal Brownian Motion dan metode Diamond-square. Dimana penelitian ini akan melanjutkan saran dari penelitian yang dilakukan oleh Gardner pada tahun 2019. Perbandingan metode Fractal Brownian Motion dan metode Diamond-square untuk pembangunan terrain secara prosedural dan dilakukan secara realtime, diimplementasikan dalam perangkat lunak Unity. Dari implementasi perbandingan tersebut didapatkan bahwa pada metode Diamond-square, resolusi 257x257 lebih unggul sebanyak 12.54%, pada resolusi 513x513 sebanyak 33.91%, dan pada resolusi 1025x1025 adalah 54.44%. Dalam penelitian ini pula didapatkan bahwa metode Diamond-square lebih cepat 19.48% dalam rata-rata waktu render frame pada setiap kenaikan resolusi pembangunan terrain dibandingkan dengan metode Fractal Brownian Motion. Sehingga dari penelitian ini disimpulkan bahwa metode Diamond-square lebih unggul untuk performa dan lebih efisien untuk diterapkan dalam pembangunan terrain secara realtime dibandingkan metode Fractal Brownian Motion.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Diamond-square, Fractal Brownian Motion, Generasi Prosedural, Terrain, Unity |
Subjects: | 200 Religion > 210 Philosophy and theory of religion > 215 Science and religion 500 Science and Mathematic > 500 Science |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25907 |
Actions (login required)
View Item |