Rute Pesan Storytelling Video Promosi Kemenparekraf terhadap Citra Destinasi dengan Tourist Experience sebagai Variabel Moderating

Yevina Mulyadi Wahyu, Anabel (2023) Rute Pesan Storytelling Video Promosi Kemenparekraf terhadap Citra Destinasi dengan Tourist Experience sebagai Variabel Moderating. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Storytelling merupakan salah satu teknik yang digunakan sebagai strategi promosi pariwisata dan dapat mempengaruhi citra destinasi. Kemenparekraf melalui kanal Youtube resmi Wonderful Indonesia menggunakan konten video promosi storytelling Bali selama peralihan masa pandemi Covid-19, di antaranya The Vibration of Bali, We Love Bali, dan The First Time He Said It (Bali). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsep storytelling pada video promosi Kemenparekraf terhadap citra destinasi Bali pada khalayak yang memiliki pengalaman ke Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada teori Ellaboration Likelihood Model yang terdiri dari rute sentral dan rute periferal. Rute sentral dianggap sebagai eloaborasi kognitif yang informasinya diproses secara terpusat, sedangkan rute periferal memeriksa pesan dengan depat untuk membantu memutuskan dalam menerima atau tidak pesan yang dianjurkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa video promosi storytelling Wonderful Indonesia memiliki pengaruh terhadap citra destinasi Bali bagi orang yang memiliki pengalaman ke Bali. Maka dari itu, pemerintah mampu menampilkan cerita orisinal yang berhubungan dengan keindahan alam Bali sesuai kenyataannya.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: storytelling, tourist experience, citra destinasi, Ellaboration Likelihood Model
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:53
Last Modified: 14 Sep 2023 00:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25911

Actions (login required)

View Item View Item