Proses Komunikasi Kelompok Antar Pemain Game Mobile Legend pada Komunitas Pendekar Esports

Marissa Wiradjaya Hosky, Alicia (2023) Proses Komunikasi Kelompok Antar Pemain Game Mobile Legend pada Komunitas Pendekar Esports. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, game bukanlah sekedar permainan yang hanya dijadikan hiburan dan dapat dilakukan oleh anak kecil saja. Banyak riset yang mengatakan bahwa game memiliki dampak negatif, namun banyak game seperti MOBA juga memiliki dampak positif yang tidak kalah penting. Saat ini, game dapat menghasilkan uang dari live streaming dan masuk ke bagian e-sport. Permainan yang memiliki tim tim profesional yang dapat dikategorikan sebagai e-sport salah satunya adalah Mobile Legend. Mobile Legend mengkategorikan dua tim profesional dari permainannya yaitu melalui turnamen MDL dan MPL. Salah satu tim profesional yang termasuk ke bagian tim profesional Mobile legend adalah Pendekar Esports. Pendekar Esports memiliki pemain yang berasal dari luar negeri dan dari berbagai daerah di Indonesia. Pemain diwajibkan untuk tinggal bersama, yang menyebabkan pemain harus berinteraksi satu sama lain setiap harinya dibalik perbedaan yang mereka miliki hingga terbentuk fenomena yang dikenal sebagai interaksionisme simbolik. Penelitian ini mengkaji lebih lanjut terkait komunikasi yang terlihat interaksionisme simboliknya dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan berdasarkan teori interaksionisme simbolik. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa terdapat proses komunikasi yang pada awalnya kurang baik karena adanya pemain Filipina masuk, namun karena usaha pemain dan faktor chemistry dan terciptanya simbol bermakna, tim pun mencapai sebuah kemenangan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Interaksionisme Simbolik, Komunikasi, E-sport
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:48
Last Modified: 10 Jul 2023 10:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25941

Actions (login required)

View Item View Item