Perancangan Kampanye Interaktif tentang Pengaruh Mindless Scrolling pada Produktivitas Remaja Akhir

Tane, Quincy (2023) Perancangan Kampanye Interaktif tentang Pengaruh Mindless Scrolling pada Produktivitas Remaja Akhir. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mindless scrolling adalah sebuah aktivitas scrolling media digital yang membuat seseorang jatuh pada siklus scrolling dalam waktu yang lama, sehingga menghilangkan kemampuan fokus seseorang dengan hal yang ada di sekitarnya. Mindless scrolling dapat membuat seseorang mengalami ketergantungan dopamin, terbuangnya waktu dengan sia-sia, kekurangan fokus pada masa kini, dan mempengaruhi kondisi mood dan pengalaman seseorang. Jika tidak segera dihentikan, mindless scrolling dapat menyebabkan penurunan produktivitas karena banyaknya waktu yang terbuang secara tidak produktif, membuat kecanduan, dan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis dengan seorang psikolog, belum ada rasa urgensi dalam diri para remaja mengenai dampak negatif dari mindless scrolling, sehingga tidak merasa perlu untuk berubah. Maka dari itu, dibuat media persuasi mengenai pengaruh mindless scrolling pada produktivitas untuk remaja akhir usia 18-25 tahun di Jabodetabek, dengan menggunakan metode perancangan Landa dan metode pengumpulan data hybrid. Dengan adanya media persuasi ini, diharapkan kesadaran dan edukasi mengenai pengaruh mindless scrolling pada produktivitas dan cara mengatasinya dapat tersampaikan dengan baik, sehingga dapat mengurangi aktivitas mindless scrolling dan efek negatifnya pada produktivitas remaja akhir.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mindless scrolling, media sosial, produktivitas, kampanye
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:52
Last Modified: 13 Oct 2023 00:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item