Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Self Harm pada Remaja 12-24 Tahun

Pratama, Aldo (2023) Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Self Harm pada Remaja 12-24 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Self harm adalah perilaku dimana seseorang individu menyakiti dirinya sendiri, dikarenakan asdanya gangguan mental yang sering kali tidak disadari oleh masyarakat, hal ini sudah menjadi fenomena yang popular terutama pada kalangan remaja. Anak remaja berumur 12-24 yang sedang mengalami banyak pertumbuhan dan perubahan. Perubahan tersebut tentu perlu dihadapi dengan adaptasi yang baik, umur pada remaja saat itu biasanya sedang mengalami banyak sekali konflik, apabila tidak dapat dihadapi dengan baik, tentu konflik tersebut akan menyebabkan perasaan stress dan tertekan pada remaja. Apabila remaja tidak paham cara meredakan perasaan stress dan tertekan, ataupun tidak bisa menyelesaikan konflik yang ada, akan menimbulkan efek negative yang tentu saja dapat memicu munculnya keinginan untuk melakukan hal yang merugikan diri sendiri, salah satu contohnya adalah self-harm. Untuk mencegah perilaku self-harm pada remaja, maka dibutuhkan sebuah kampanye social sebagai salah satu media penyampaian pesan mengenai self-harm. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan wawancara, kuisioner, dan mempelajari studi. Model kampanye yang digunakan adalah model kampanye Ostergaard dengan menggunakan komunikasi AISAS dalam proses penyampaian kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self-harm, Kampanye, Sosial Media, Remaja
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:53
Last Modified: 06 Oct 2023 01:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item