Perancangan Kampanye Sosial Helicopter Parenting bagi Orang Tua dengan Anak Usia 7-9 Tahun

Audi Tanaka Utomo, Jasmine (2023) Perancangan Kampanye Sosial Helicopter Parenting bagi Orang Tua dengan Anak Usia 7-9 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua berbeda-beda sesuai dengan latar belakangnya, salah satunya adalah Helicopter Parenting. Helicopter Parenting adalah pola asuh dimana orang tua terlalu protektif dan ikut campur dalam kehidupan anak hingga pada titik dimana orang tua menjadi mendominasi kehidupan dan pilihan anak. Riset dan wawancara dengan psikolog menyatakan bahwa penerapan Helicopter Parenting dipengaruhi oleh faktor pendidikan sosio- ekonomi orang tua yang tinggi, meyebabkan orang tua memiliki harapan agar anak dapat mengikuti tuntutan orang tua. Tuntutan tersebut pun dipercaya oleh orang tua demi kebaikan anak. Walaupun begitu, orang tua helikopter takut atau tidak yakin apabila anak bisa menghadapi tantangan yang datang dari memenuhi tuntutan tersebut. Maka, orang tua helikopter akan berupaya untuk mengarahkan, hingga selalu membantu anak dalam menghadapi segala permasalahannya agar dapat memenuhi tuntutan yang ingin dicapai. Namun karena itu, anak justru dapat tumbuh menjadi seseorang yang ketergantungan dengan bantuan dan afirmasi orang tua. Mengetahui dampak negatif dari pola asuh ini, maka penulis akan merancang kampanye yang ditujukan bagi orang tua baru dengan harapan untuk mencegah penerapan pola asuh ini kepada anak, terutama anak dengan usia tujuh hingga sembilan tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Helicopter, Parenting, Orang, Tua
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:55
Last Modified: 29 Aug 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item View Item