Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola Keamanan TI Menggunakan COBIT 2019 pada PT XYZ

Nanda Christiadi, Robertus (2023) Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola Keamanan TI Menggunakan COBIT 2019 pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Implementasi TI dalam sebuah perusahaan kini telah menjadi suatu dasar dari bisnis yang dijalankan. Implementasi IT Governance pada perusahaan sudah terjadi di sektor bisnis sekitar, hingga ke skala BUMN. Diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) BUMN No.2 tahun 2013, Pasal 2 ayat (1) yang mengikat PT XYZ. Dalam PT XYZ terdapat permasalahan IT Security. Permasalahan yang dimaksud mengarah pada kebocoran data dan juga hacking pada aplikasi internal perusahaan. Hal tersebut mendasari adanya peninjauan menggunakan framework COBIT 2019 agar manajemen berjalannya IT Security menjadi lebih baik. Proses melakukan pengukuran menggunakan framework COBIT 2019 dilakukan sesuai ketentuan dan panduan dari ISACA. Pengukuran yang dilakukan menghasilkan tingkat kapabilitas serta analisis kesenjangan dalam perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuantitatif (kuesioner) dan kualitatif (studi pustaka dan wawancara). Ketiga sub-domain yang relevan untuk dilakukannya pengukuran yakni terdapat APO12-- Managed Risk, APO13--Managed Security dan DSS05--Managed Security Service. Hasil dari proses pengukuran level (tingkat) kapabilitas menunjukkan bahwa pada sub-domain APO12 berada di level 2, APO13 berada pada level 2 dan DSS05 terhenti pada level 2. Hasil tersebut menunjukan adanya kesenjangan (gap) di sub-domain DSS05. Dari hasil yang didapat, menunjukan adanya rekomendasi perbaikan dan peningkatan level khususnya pada sub-domain DSS05 seperti PT XYZ memerlukan peninjauan (perbaikan) mengenai kebijakan keamanan untuk perangkat endpoint, kebijakan hak akses serta log events dalam insiden TI.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis GAP, COBIT 2019, Rekomendasi, Sub-Domain, Tingkat Kapabilitas.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:55
Last Modified: 03 Aug 2023 02:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26001

Actions (login required)

View Item View Item