Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pemilihan in Ear Monitor Berbasis Website Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dan TOPSIS

Haqi, Umar (2023) Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pemilihan in Ear Monitor Berbasis Website Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dan TOPSIS. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berbagai cara telah dilakukan untuk mendengarkan musik, salah satunya adalah menggunakan in-ear monitor. In-Ear Monitor (IEM) merupakan jenis alat pendengar musik yang dirancang untuk memberikan kualitas suara yang baik. IEM biasa digunakan oleh musisi untuk melakukan monitoring, namun seiring berkembangnya zaman, penggemar musik telah menggunakan IEM untuk mendengarkan musik pada umumnya. Tersebarnya jenis IEM yang bervariasi di pasaran memerlukan konsumen untuk memilih IEM yang ingin dibeli. Dalam pemilihan IEM, kualitas audio yang sesuai dengan preferensi menjadi pertimbangan dalam membeli IEM tersebut. Dari permasalahan yang disampaikan, maka dirancang dan dibangun sebuah sistem rekomendasi pemilihan In-Ear Monitor berbasis website. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode AHP dan TOPSIS. Dataset yang diperlukan pada penelitian ini didapatkan dari Squig.link yang berupa bobot teknikalitas suara produk IEM. Sistem ini memiliki tiga kriteria penting yaitu bass, mid, dan treble. Berdasarkan penelitian yang telah diakukan, rancang bangun sistem rekomendasi pemilihan in-ear monitor menggunakan metode AHP dan TOPSIS telah berhasil dilakukan. Metode AHP dan TOPSIS telah berhasil diimplementasikan pada sistem tersebut. Pengujian sistem dilakukan dengan meminta 33 responden untuk menggunakan sistem dan mengisi kuesioner menggunakan USE Questionnaire. Hasil persentase tingkat kepuasan pengguna yang diperoleh dari penelitian adalah 90.49% atau bisa dikatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: AHP, In-Ear Monitor, Sistem rekomendasi, TOPSIS, Website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:56
Last Modified: 24 Aug 2023 05:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

View Item View Item