Rancang Bangun Sistem Pemantauan Keadaan Tanah Skala Kecil untuk Outdoor Precision Farming

Poszarevac Saputra, Dezdyta (2023) Rancang Bangun Sistem Pemantauan Keadaan Tanah Skala Kecil untuk Outdoor Precision Farming. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sektor pertanian menjadi bagian terpenting dalam peningkatan perekonomian nasional dan berperan sebagai penyedia bahan pangan. Masyarakat Indonesia masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan pangan dengan mudah dan harga yang murah. Untuk terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dengan lahan pertanian yang terbatas, maka perlu dilakukan peningkatan terhadap produktivitas pertanian presisi. Pertanian presisi memiliki tujuan dalam penerapan budidaya yaitu dapat berlangsung secara tepat jumlah, waktu, dan tempat. Inovasi teknologi pertanian tidak dapat digunakan secara optimal oleh petani dan penggunaan teknologi tersebut relatif rendah. Sedangkan, tanaman perlu dilakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan dan produksi tanaman selama di lapangan melalui sensor maupun teknologi pertanian. Maka, hal yang dapat dilakukan adalah mengembangkan alat yang mampu melakukan pengukuran terhadap kesehatan tanaman, meliputi : suhu lingkungan, kelembaban tanah, kelembaban udara, cahaya, kadar CO2 dan Nitrogen, Phosporus, dan Potassium (NPK). Kemudian, data tersebut juga dapat terbaca oleh server Node-RED yang digunakan untuk menampilkan data parameter sensor dalam bentuk grafik atau ikon yang menarik sehingga pengguna dapat memahami informasi data tersebut dengan baik dan dapat dilakukan analisis lebih lanjut mengenai kondisi dan nutrisi tanaman. Alat pada produk ini telah memiliki kemampuan tersebut dan memiliki keberhasilan mencapai 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ESP8266, MQTT, Node-RED, Raspberry Pi, UART 8 Rancang Bangun Sistem ..., Dezdyta Poszarevac Saputra, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Electrical Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:57
Last Modified: 10 Jul 2023 10:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item