Perancangan Kampanye Sosial "Memeluk Luka" untuk Menangani Dampak Buruk Sibling Rivalry

Catherine, Catherine (2023) Perancangan Kampanye Sosial "Memeluk Luka" untuk Menangani Dampak Buruk Sibling Rivalry. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sibling rivalry merupakan sebuah bentuk persaingan antara saudara untuk memperebutkan perhatian dan kasih sayang orang tua. Sibling rivalry adalah fenomena yang umum terjadi pada masa kanak-kanak. Sibling rivalry yang tidak diatasi dengan baik dapat berkelanjutan dan menimbulkan dampak buruk pada usia dewasa. Dampak buruk ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pola perilaku, luka batin, dan kondisi psikologis lainnya. Dalam perancangannya, penulis mengumpulkan data menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Penulis menerapkan metode kualitatif melalui pengumpulan data dengan teknik wawancara dan analisis biografi. Sementara itu, penulis menggunakan media kuesioner sebagai bentuk pengaplikasian metode kuantitatif. Adapun batasan masalah pada perancangan ini adalah dewasa muda berusia 20-30 tahun dan berdomisili di Jakarta. Penulis menemukan bahwa sebagian besar individu yang mengalami sibling rivalry memiliki luka batin dan merasakan dampak negatif dalam kehidupan sehari-harinya akibat peristiwa tersebut. Sementara itu, di Indonesia, belum terdapat kampanye yang memusatkan perhatiannya pada penanganan dampak buruk sibling rivalry saat usia dewasa. Oleh sebab itu, penulis hendak merancang sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam merawat diri dan menangani dampak buruk akibat peristiwa sibling rivalry pada usia dewasa muda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Desain, Kampanye, Sibling Rivalry
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:46
Last Modified: 30 Aug 2023 01:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item