Pemaknaan Pengalaman Mengunggah Status di Media Sosial dalam Kunjungan ke Festival Musik (Studi Fenomenologi pada Generasi Z di Jabodetabek)

Monika, Giacinta (2023) Pemaknaan Pengalaman Mengunggah Status di Media Sosial dalam Kunjungan ke Festival Musik (Studi Fenomenologi pada Generasi Z di Jabodetabek). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Di masa pasca pandemi ini, generasi Z melihat peluang bangkitnya industri festival musik di Indonesia dan mengambil kesempatan tersebut untuk mencari pengalaman baru yang bisa dibagikan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pengalaman generasi Z berbagi di media sosial dalam kunjungan ke festival musik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif deskriptif, dan metode fenomenologi untuk mengaitkan hubungan antara pengetahuan ilmiah dengan pengalaman yang benar dialami sehari-hari. Hasil penelitian ini menemukan bahwa generasi Z memaknai media sosial Instagram sebagai tempat yang nyaman untuk bertukar informasi, menunjukkan ekspresi diri, dan membangun narasi dokumen dari pengalaman sehari ­ hari. Peneliti juga menemukan adanya pemaknaan unik berupa attention seeking behaviour, perasaan fear of missing out, dan kepedulian terhadap personal branding yang mendorong generasi Z untuk berbagikan pengalamannya dalam kunjungan ke festival musik di media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: membagikan pengalaman, media sosial, festival musik, generasi Z, fenomenologi
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:47
Last Modified: 11 Jul 2023 10:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26041

Actions (login required)

View Item View Item