Perbandingan Algoritma A-Star dengan Navigation Mesh Unity untuk Menemukan Jalur pada Permainan Maze

Ferry, Ferry (2023) Perbandingan Algoritma A-Star dengan Navigation Mesh Unity untuk Menemukan Jalur pada Permainan Maze. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)

Abstract

Permainan Maze merupakan salah satu genre game yang mengimplementasikan pathfinding. Maze merupakan tempat dengan tempat yang memiliki jalur berbelok- belok, bercabang, ataupun buntu. Pathfinding merupakan sebuah algoritma untuk mencari jalur dari satu titik ke titik lainnya. Pathfinding biasanya diimplentasikan ke dalam NPC (Non Player Character) dalam permainan maze untuk mencari jalurnya menuju pemain. Algoritma yang digunakan untuk Pathfinding memiliki banyak variasi tetapi salah satu algoritma yang populer dan banyak digunakan merupakan algoritma A-Star. Namun dalam aplikasi Unity yang merupakan sebuah software untuk mengembangkan game, terdapat sebuah sistem untuk membuat pathfinding dengan lebih mudah yaitu Unity NavMesh (Navigation Mesh), sehingga penelitian ini dilakukan untuk membandingkan kecepatan A-Star Pathfinding dengan Unity NavMesh Pathfinding dengan menggunakan lima jenis map yang berbeda dengan sepuluh kali percobaan untuk setiap jenis pathfinding. Hasil yang didapatkan setelah uji coba dilakukan yaitu A-Star Pathfinding memiliki kecepatan waktu pathfinding yang lebih cepat rata-rata 1,923 detik dibandingkan Unity NavMesh Pathfinding untuk semua map yang diujikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa walaupun Unity NavMesh lebih mudah digunakan namun performa dari A-Star Pathfinding lebih bagus dalam hal kecepatannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma A-Star, Maze, Pencarian Jalur, Unity NavMesh
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:47
Last Modified: 23 Aug 2023 05:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item