Rancang Bangun Backend Media Komunitas Sosial Berbasis Website dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus : Universitas Multimedia Nusantara)

Christian Adif Sugiarto, Jonathan (2023) Rancang Bangun Backend Media Komunitas Sosial Berbasis Website dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus : Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki ribuan civitas akademika dan beberapa organisasi akademik atau non-akademik. Hal tersebut memungkinkan potensi meningkatnya koneksi hubungan sosial antar civitas akademika dan intensitas penerimaan serta penyebaran informasi terlebih untuk kalangan mahasiswa. Melalui survei kepada mahasiswa, terdapat contoh masalah yang dikonfirmasi mengenai penerimaan dan penyebaran informasi seperti kurang tereksposnya informasi karya mahasiswa, lokasi majalah dinding yang sulit ditemukan, informasi e-mail student yang kurang relevan, pencarian responden tugas kuliah yang memakan waktu, serta banyaknya akun media sosial organisasi yang harus dicari pada platform media sosial berbeda untuk mendapatkan informasi. Oleh sebab itu, dilaksanakan perancangan dan pembangunan website media komunitas sosial memanfaatkan metode rapid application development (RAD) yang merupakan model pengembangan sistem prototype secara cepat dengan tahapan perencanaan kebutuhan, design workshop dan implementasi. Fokus penelitian adalah area backend system. Perancangan sistem backend memanfaatkan draw.io untuk membuat flowchart dan supabase schema untuk entity relationship diagram sedangkan pembangunan sistem memanfaatkan javascript dengan next js sebagai framework dan supabase sebagai database sistem. Backend website media komunitas sosial berhasil dirancang dan dibangun serta menerima hasil user acceptance testing dengan tingkat penerimaan 88,08% untuk variabel perceive usefulness dan 88,67% untuk variabel perceive satisfaction yang berarti pengguna sangat setuju fungsi sistem website media komunitas sosial telah memenuhi kedua unsur variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Rapid Application Development, User Acceptance Testing, Website media komunitas sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:47
Last Modified: 22 Aug 2023 07:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26044

Actions (login required)

View Item View Item