Implementasi ZK-SNARK untuk Modul Autentikasi Identitas pada Sistem E-Voting Berbasis Blockchain

Marcellino, Matthew (2023) Implementasi ZK-SNARK untuk Modul Autentikasi Identitas pada Sistem E-Voting Berbasis Blockchain. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)

Abstract

Sistem E-voting merupakan sebuah gagasan yang telah menjadi sangat populer untuk menjadi alternatif dari sistem voting tradisional yang dapat memberikan berbagai macam manfaat terutama dari sisi efisiensi. Teknologi blockchain seringkali dikaitkan dengan sistem E-voting karena sifatnya yang decentralized, immutable, dan transparent sehingga dapat meningkatkan keamanan sistem dari sisi integritas data. Selain integritas data, autentikasi identitas voter juga perlu dilakukan untuk memastikan suara yang diberikan oleh voter sah dan tidak dipalsukan. Meskipun demikian, autentikasi melibatkan data personal dari voter yang bersifat sensitif sehingga menimbulkan sebuah tantangan ketika dilakukan pada blockchain yang bersifat publik. Pada penelitian ini, ZK-SNARK sebagai salah satu jenis dari zero-knowledge proof digunakan untuk mengimplementasikan modul autentikasi identitas voter pada sistem E-voting berbasis blockchain agar masalah privasi tersebut dapat terselesaikan. Throughput dan skalabilitas dari sistem yang dibangun juga diuji dengan melakukan load testing dan melakukan perhitungan nilai Speedup dan Efficiency. Selain itu, performa sistem dari sisi biaya juga diuji dengan menggunakan teori gas fee pada blockchain Ethereum. ZK- SNARK berhasil diimplementasikan pada sistem yang dibangun untuk melakukan autentikasi tanpa mengekspos data-data sensitif yang berhubungan dengan identitas voter meskipun performa sistem dari segi throughput dan skalabilitas masih dapat ditingkatkan kembali. Performa sistem dari sisi biaya dapat dikatakan sangat baik ketika menggunakan jaringan blockchain Polygon atau Arbitrum One.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Autentikasi, blockchain, E-voting, identitas, privasi, ZK-SNARK
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:48
Last Modified: 18 Aug 2023 05:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26053

Actions (login required)

View Item View Item