Pengaruh Financial Literacy, Access to Finance, Financial Risk Attitude terhadap Sustainability Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Tangerang

Kristianto, Dedi (2023) Pengaruh Financial Literacy, Access to Finance, Financial Risk Attitude terhadap Sustainability Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu sektor yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini dibuktikan oleh data yang dikumpulkan oleh Kemenkop UKM pada tahun 2019, yang menunjukkan bahwa UMKM mencakup 99,99% dari semua bisnis yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya UMKM di Indonesia, akan membantu perekonomian Indonesia maju dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa UMKM mampu menyerap angkatan kerja sebesar 97% di Indonesia. Meskipun banyak jumlah UMKM di Indonesia, tapi banyak juga usaha yang harus gulung tikar. Fenomena ini terjadi karena para pelaku UMKM masih kurang pengetahuan tentang literasi keuangan, sehingga akses modal untuk membuka usaha masih kurang. Beberapa pelaku UMKM masih banyak yang meminjam uang dari rentenir, sehingga usaha tersebut tidak bertahan lama dan harus gulung tikar. Maka dari itu, peneliti ingin mencari tahu bagaimana cara untuk memperkecil peluang UMKM untuk gulung tikar dengan cara melakukan penelitian tentang pengaruh financial literacy, access to finance, financial risk attitude terhadap sustainability in SMEs di Kota Tangerang. Tujuannya untuk memastikan bahwa lebih banyak UMKM yang sukses dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah secara kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner secara offline dan online kepada 189 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh positif antara access to finance terhadap sustainability in SMEs, financial literacy terhadap access to finance, financial literacy terhadap financial risk attitude.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: UMKM, financial literacy, access to finance, financial risk attitude, sustainability in SMEs
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:48
Last Modified: 11 Jul 2023 10:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item