⭐ Hasni Widjaya, Safina (2023) Perancangan Kampanye Social Media Detox terhadap Adiksi Media Sosial pada Gen Z. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi mempermudah Gen Z untuk terus terhubung di dunia maya. Alasan ini menjadikan Gen Z sebagai generasi terbanyak yang menggunakan media sosial dalam rentang waktu yang cukup lama. Intensitas penggunaan media sosial menciptakan kecanduan, fenomena FOMO, dan hubungan emosional seperti insecure, self-comparison, dan stres. Hal tersebut dapat diatasi dengan social media detox. Social Media Detox merupakan cara beristirahat dalam menghindari efek buruk media sosial dengan kurun waktu tertentu. Sayangnya, masih minim pengetahuan dan kesadaran untuk melakukan social media detox karena kecanduan, dan tidak tahu caranya. Bukti penelitian yang didapat berdasarkan kuesioner kepada laki-laki dan perempuan berusia 19-24 tahun, berdomisili Jabodetabek dengan focus group discussion tiga sesi, dan wawancara psikolog. Sebab itu diperlukan solusi berupa perancangan kampanye social media detox yang menyebarkan kesadaran sekaligus meningkatkan baik kesejahteraan fisik dan mental (well-being) serta produktivitas. Perancangan menggunakan metode Robin Landa melalui bukunya Advertising by Design.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
