Perancangan Kampanye Social Media Detox terhadap Adiksi Media Sosial pada Gen Z

Hasni Widjaya, Safina (2023) Perancangan Kampanye Social Media Detox terhadap Adiksi Media Sosial pada Gen Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi mempermudah Gen Z untuk terus terhubung di dunia maya. Alasan ini menjadikan Gen Z sebagai generasi terbanyak yang menggunakan media sosial dalam rentang waktu yang cukup lama. Intensitas penggunaan media sosial menciptakan kecanduan, fenomena FOMO, dan hubungan emosional seperti insecure, self-comparison, dan stres. Hal tersebut dapat diatasi dengan social media detox. Social Media Detox merupakan cara beristirahat dalam menghindari efek buruk media sosial dengan kurun waktu tertentu. Sayangnya, masih minim pengetahuan dan kesadaran untuk melakukan social media detox karena kecanduan, dan tidak tahu caranya. Bukti penelitian yang didapat berdasarkan kuesioner kepada laki-laki dan perempuan berusia 19-24 tahun, berdomisili Jabodetabek dengan focus group discussion tiga sesi, dan wawancara psikolog. Sebab itu diperlukan solusi berupa perancangan kampanye social media detox yang menyebarkan kesadaran sekaligus meningkatkan baik kesejahteraan fisik dan mental (well-being) serta produktivitas. Perancangan menggunakan metode Robin Landa melalui bukunya Advertising by Design.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: social media detox, kesehatan mental, kampanye
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:49
Last Modified: 14 Sep 2023 01:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item