Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola TI Menggunakan Cobit 2019 pada PT XYZ

Cuatanto, Ricardo (2023) Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola TI Menggunakan Cobit 2019 pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Informasi-informasi teknologi yang baik, seperti informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk membantu orang membuat keputusan, baik untuk kepentingan pribadi, perusahaan, atau pemerintahan. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan teknologi informasi dalam proses kerjanya adalah PT XYZ. Tetapi dalam penerapannya masih memiliki masalah yang berkaitan dengan perubahan TI yang dilakukan pada PT XYZ, seperti penerapan Bisnis Continuity Plan yang belum matang, belum adanya rencana pengujian perubahan, dan belum adanya aktivitas untuk melakukan review terhadap project yang sudah diimplementasikan. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas tata kelola TI pada PT XYZ dengan menggunakan model COBIT performance management berdasarkan kerangka kerja COBIT 2019. Domain yang terpilih berdasarkan design factor dan dengan persetujuan perusahaan adalah BAI05 (Managed Organizational Change, BAI06 (Managed IT Changes), dan BAI07 (Managed IT Change Acceptance and Transitioning). Hasil pengukuran tingkat kapabilitas yang telah dilakukan, proses domain BAI05 berhenti pada level 2 dengan nilai 90,6%, kemudian untuk domain BAI06 berhenti pada level 2 dengan nilai 80,3, dan domain BAI07 juga berhenti pada level 2 dengan nilai 87%. Domain BAI07 tidak lulus pada pengujian di level 3, dengan nilai 78%, dan diberikan rekomendasi untuk meningkatkan levelnya ke level 3. Ketiga domain tersebut belum sempurna, karena masih didapatkannya beberapa temuan yang harus diperbaiki oleh perusahaan. Setelah ditinjau dan disetujui langsung oleh SM Innovation & Digital Transformation dan Manager Innovation & IT Project Management di PT XYZ, rekomendasi tersebut akan kemudian diimplementasikan oleh perusahaan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis gap, BAI, COBIT 2019, rekomendasi, tingkat kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.5 Storage, external storage, cloud
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:50
Last Modified: 14 Jul 2023 06:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item