mardiani, Dwinita (2017) pemaknaan media sosial bagi kaum homoseksual:studi fenomenologi pada pengguna grindr. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
SKRIPSI DWINITA MARDIANI 12140110313 ILMU KOMUNIKASI UMN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Beragam survei menyatakan media cetak masih menjadi pilihan khalayak di era digital. Untuk itu penelitian ini mencari bagaimana perubahan pola khalayak dalam mengonsumsi pemberitaan platform cetak dan digital. Dalam hal ini Kompas memiliki beragam platform media dan sedang melakukan digitalisasi. Penelitian ini berupa studi kasus pada khalayak Kompas yang tergabung ke dalam Forum Pembaca Kompas (FPK) kawasan Jakarta. Dengan menggunakan teori uses and gratifications, terlihat bagaimana khalayak mencari kepuasan informasi (gratification sought/GS) serta platform media apa yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut (gratification obtained/GO). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada empat key informan yang termasuk ke dalam generasi X. Penelitian ini membuktikan bahwa perubahan pola konsumsi pada FPK Jakarta terjadi, karena penyajian informasi versi Kompas digital belum sesuai dengan kebutuhan khalayak yang terbiasa dengan media cetak. Meskipun begitu perbaikan untuk mempermudah akses Kompas digital dapat meningkatkan jumlah khalayaknya, sehingga perubahan pola konsumsi terlihat jelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 01:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2608 |
Actions (login required)
View Item |