Perancangan Buku Pop-Up Mengenai Asal Usul Cerita Rakyat Cikaputrian untuk Usia 9-12 Tahun

Ketut Riana Cintya Dewi, Ni (2023) Perancangan Buku Pop-Up Mengenai Asal Usul Cerita Rakyat Cikaputrian untuk Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia memiliki warisan budaya yang beragam, salah satunya adalah cerita rakyat. Cerita rakyat berasal dari kebudayaan setempat dan disampaikan secara turun-temurun. Cerita rakyat mengandung unsur budaya Indonesia dan pesan moral dapat menjadi pelajaran untuk anak usia dini, salah satunya adalah cerita rakyat Cikaputrian yang berasal dari Banten. Dari hasil kuesioner yang dibagikan, sebanyak 84% atau 104 anak yang tidak pernah mendengar cerita rakyat Cikaputrian. Maka, penulis ingin merancang buku pop-up mengenalkan cerita rakyat Cikaputrian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif, dengan wawancara dengan ilustrator buku anak, narasumber penulis cerita rakyat Cikaputrian, dan dua sesi FGD dengan 10 anak, kuesioner dengan 121 anak, studi referensi dan eksisting. Metode perancangan desain yang digunakan adalah Human Centered Desain dengan menggunakan metode Inspiration, Ideation dan Implementation. Hasil perancangan desain berupa buku pop-up yang berisi 8 spread dan menggunakan teknik pop-up dan lift a flap. Harapannya, hasil perancangan buku pop-up mampu membuat anak-anak provinsi Banten mengenal cerita rakyat Cikaputrian, memahami pesan nilai moral serta budaya Indonesia yang terkandung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cerita Rakyat, Pesan Moral, Banten, Ilustrasi, Pop-up
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:53
Last Modified: 29 Sep 2023 01:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item