Implementasi Keamanan Jaringan Wifi Menggunakan Metode Access Control List di Rumah Sakit Purwogondo

Kristyanto Aji, Dwiki (2023) Implementasi Keamanan Jaringan Wifi Menggunakan Metode Access Control List di Rumah Sakit Purwogondo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi informasi yang semakin berkembang dengan pesat khususnya internet, telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap penggunaan jaringan komputer oleh individu, perusahaan atau organisasi. Perkembangan ini memungkinkan adanya perpindahan informasi yang terjadi tanpa adanya batas. Pertukaran informasi konstan ini membutuhkan jaringan yang baik dengan mempertimbangkan aspek yang salah satunya adalah keamanan dari jaringan tersebut. Sistem keamanan jaringan merupakan faktor yang penting, karena dengan lemahnya keamanan dapat menyebabkan manipulasi maupun pencurian data yang dilakukan oleh individu atau organisasi yang tidak bertanggung jawab. Secara umum terdapat dua jenis klasifikasi kelemahan yang terdapat sebuah jaringan komputer, yaitu kelemahan yang terjadi yaitu, pada saat melakukan konfigurasi jaringan dan kelemahan enkripsi yang diterapkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Access Control Lit (ACL). Metode alternatif ini dapat digunakan untuk membantu melindungi jaringan komputer dengan mengontrol lalu lintas suatu jaringan, dimana dapat membantu untuk menentukan apakah suatu paket data akan dikirim atau diterima. Penggunaan ACL terdiri dari aturan dan ketentuan yang menentukan apakah paket data akan dikirim atau diterima. Secara umum ACL menyaring akses keluar atau masuknya data. Agar ACL dapat berfungsi dengan baik, dapat digunakan perangkat ­ perangkat tambahan yang berfungsi sebagai router yaitu mikrotik. Dengan mengunakan ACL telah dapat dilakukan analisis keamanan jaringan yang digunakan oleh pegawai di Rumah Sakit dan telah dapat di analisis penyebab lambatnya jaringan wifi yang digunakan. Menggunakan aplikasi Winbox untuk melakukan konfigurasi terhadap bloking akses jaringan, dengan cara memasukkan ip address dan mac address dari device yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Access Control List, IP Address Jaringan Komputer, Mikrotik
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.8 Computer Security, Data Security
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:45
Last Modified: 03 Aug 2023 06:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item