Perancangan Pasar Kutabumi Berdasarkan Konfigurasi Arsitektur Hubungan Ruang dalam Pasar dengan Area Luar dan Pola Aktivitas

Christoffer, Albertto (2023) Perancangan Pasar Kutabumi Berdasarkan Konfigurasi Arsitektur Hubungan Ruang dalam Pasar dengan Area Luar dan Pola Aktivitas. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu unsur kota yang penting untuk melihat pengaruh terhadap karakteristik kota. Kondisi pasar tradisional dapat dilihat dari unsur fisik yang ada dengan pola aktivitas pedagang dan pengunjung. Salah satu pasar tradisional yang akan menjadi pembahasan dalam penelitian adalah Pasar Kutabumi. Pasar Kutabumi yang berdiri sejak tahun 2002 dan telah mengalami perubahan fisik bangunan yang berdampak pada lingkungan sekitar. Perubahan kondisi di Pasar Kutabumi menimbulkan masalah bagi para pedagang dan pengunjung yang merasa tidak nyaman beraktivitas pada ruang dalam pasar dan area luar seperti ruang luar Pasar Kutabumi. Namun, perubahan Pasar Kutabumi juga memberikan dampak bagi lingkungan sekitarnya, terutama para pedagang dan pengunjung yang berada di area luar dan ruang pasar Pasar Kutabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja konfigurasi arsitektur yang berpengaruh terhadap Pasar Kutabumi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengamati fenomena yang terjadi. Hasil penelitian yang diperoleh menganalisis konfigurasi ruang pasar untuk pedagang dan pengunjung di Pasar Kutabumi yang berpengaruh terhadap ruang pasar yang berfungsi sebagai tempat kegiatan ekonomi - sosial dan aktivitas sekitar Pasar Kutabumi. Melalui penelitian yang dilakukan, hasil penelitian yang didapatkan menjadi landasan dasar untuk perancangan ulang Pasar Kutabumi dalam meningkatkan kualitas ruang terhadap kegiatan ekonomi sehingga Pasar Kutabumi menjadi lebih baik. Strategi dalam melakukan perancangan yaitu melakukan proses perancangan berlandaskan hasil penelitian, studi berdasarkan Standar Nasional, studi preseden, dan regulasi pada tapak untuk menemukan konsep serta penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pasar Kutabumi, konfigurasi pedagang, pengunjung, aktivitas, ruang pasar, area luar, ruang dalam, perancangan ulang.
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:45
Last Modified: 12 Jul 2023 10:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26105

Actions (login required)

View Item View Item