Perbandingan Performa Fitur Connection Pooling dan Load Balancing pada Database PostgreSQL

Sondi, Sondi (2023) Perbandingan Performa Fitur Connection Pooling dan Load Balancing pada Database PostgreSQL. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)

Abstract

Berdasarkan kebutuhan environment database PostgreSQL Perusahaan X mengenai penampungan koneksi, manajemen dan pemutusan koneksi idle, serta penggunaan sumber daya berlebih pada server database tereplikasi. Masalah tersebut dijawab oleh connection pooling dan load balancing. Connection pooling, menggunakan PGBOUNCER atau PGPOOL-II. Pengujian efektivitas connection pooling dan load balancing, akan menggunakan data Transaction Per Second (TPS) dan connection latency berdasarkan skenario kombinasi PGPOOL-II dan PGBOUNCER. Untuk memberikan implementasi connection pooling dan load balancing terbaik dari kombinasi PGPOOL-II dan PGBOUNCER, dibentuk environment database PostgreSQL tereplikasi secara Asynchronous dan diuji 3 skenario yang melibatkan PGPOOL-II dan PGBOUNCER. Tiga skenario ini dilakukan testing untuk 3 jumlah client yang berbeda dengan menggunakan tools pgbench yaitu (900, 500 dan 100). Dengan catatan load yang dibagi hanyalah query select saja. Didapatkan skenario yang terbaik adalah penggunaan PGBOUNCER sebagai connection pooling dan PGPOOL-II sebagai load balancing saja tanpa mengaktifkan fitur connection pooling dari PGPOOL-II. Skenario ini memiliki nilai latency yang paling rendah dan nilai TPS tertinggi untuk setiap jumlah clientnya. Nilai latency dari jumlah client yang berbeda-beda memiliki persentase 14% lebih rendah dibanding skenario lainnya dan memiliki nilai TPS 15% lebih tinggi dibanding skenario lainnya.Sehingga disarankan untuk environment database Perusahaan X digunakan kombinasi PGBOUNCER sebagai connection pooling dan PGPOOL-II sebagai load balancing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Connection Pooling, Database, Load Balancing, Replikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:47
Last Modified: 02 Aug 2023 05:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26124

Actions (login required)

View Item View Item