⭐ Helen, Helen (2023) Pengalaman Jurnalis Data di Indonesia: Sebuah Studi Fenomenologi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
Abstract
Perkembangan jurnalisme data di Indonesia tengah mengalami kenaikan pesat. Secara internasional, jurnalisme data telah diakui sebagai salah satu metode jurnalistik yang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya, terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh jurnalis data di Indonesia karena proses perkembangan dan dinamika di ruang redaksi media hingga sistem pendidikan yang belum maksimal. Karenanya, adaptasi jurnalisme data di Indonesia masih terbatas. Berbagai dinamika di ruang redaksi tersebut pun memunculkan pengalaman yang membentuk pemaknaan identitas diri secara pribadi bagi para jurnalis data di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif fenomenologi dengan mewawancarai tiga narasumber yang kini bekerja sebagai jurnalis data di beberapa media di Indonesia. Hasil penelitian ini menemukan berbagai pengalaman tantangan serta previlese atau keuntungan yang dirasakan secara pribadi setelah menjadi seorang jurnalis data dari segi proses, keahlian, hingga hasil akhir peliputan berbasis data. Sebab, data seharusnya menjadi ranah yang mendasari suatu proses jurnalistik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Helen, Helen (00000035757) |
| Contributors: | Priyonggo, Ambang |
| Keywords: | jurnalis, jurnalis data, jurnalisme data, jurnalisme data Indonesia, identitas, pengalaman, fenomenologi |
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing |
| Sustainable Development Goals: | Goal 16. Promote peaceful and inclusive societies for sustainable development, provide access to justice for all and build effective, accountable and inclusive institutions at all levels Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation |
| Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
| Date Deposited: | 12 Jul 2023 09:48 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
