Yuasan, Natasya (2023) Evaluasi Knowledge Management pada Service Desk PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Menggunakan COBIT 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (374kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan kerangka kerja ITIL 4 merupakan salah satu cara organisasi dalam mengelola layanan IT yang disediakan. Salah satu organisasi yang menerapkan cara tersebut adalah Adira Finance. Saat ini, Adira Finance sedang melakukan standardisasi ITSM melalui implementasi ITIL 4 dan baru merilis layanan knowledge center sebagai perwujudan proses knowledge management. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat performa operasional knowledge management yang baru pada Adira Finance dengan melakukan pengukuran capability level dan peninjauan kelengkapan dokumen untuk menunjang peningkatan berkelanjutan. Kerangka kerja yang digunakan untuk pengukuran capability level dan peninjauan kelengkapan dokumen adalah COBIT 2019. COBIT 2019 dipilih karena saat ini perusahaan belum memiliki target angka KPI dan capability level dalam COBIT 2019 sudah didefinisikan, yaitu level 0 sampai 5 berdasarkan standar CMMI v2. Oleh sebab itu, penggunaan COBIT 2019 diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menentukan target KPI. Kemudian untuk metode analisis yang akan digunakan adalah analisis capability level, gap analysis, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capability level knowledge management pada Adira Finance berada pada level 3, sedangkan untuk level yang diharapkan adalah level 5. Hasil dari gap analysis menunjukkan bahwa sub-proses BAI08.04 mengenai evaluasi, permbaruan, dan penghentian knowledge memiliki kesenjangan tertinggi. Selanjutnya untuk analisis SWOT menghasilkan beberapa strategi yang menjadi acuan dalam pembuatan rekomendasi perbaikan. Proses terakhir dalam penelitian ini adalah pembuatan rekomendasi perbaikan, diantaranya adalah melakukan pertemuan rutin dengan stakeholder terkait untuk membahas kualitas knowledge dan membuat prosedur serta dokumentasi rutin sebagai data pendukung evaluasi peningkatan kualitas knowledge management.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | COBIT 2019, ITSM, Knowledge Management, Tata Kelola IT, Teknologi Informasi |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 09:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26145 |
Actions (login required)
View Item |