Hubungan Motif dengan Kepuasan Mendengar Podcast Rintik Sedu (Studi pada Pendengar Channel Podcast Rintik Sedu pada Platform Spotify)

Giani Andayu, Claudia (2023) Hubungan Motif dengan Kepuasan Mendengar Podcast Rintik Sedu (Studi pada Pendengar Channel Podcast Rintik Sedu pada Platform Spotify). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya podcast sebagai media baru saat ini digandrungi masyarakat terutama generasi digital. Podcast menyajikan banyak program membuat pengguna menjadi aktif dan selektif dalam memilih sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan yang berbeda-beda. Berbagai channel podcast berlomba untuk menyajikan konten audio yang memenuhi kebutuhan pendengar. Salah satunya channel podcast Rintik Sedu yang hadir berkonsep cerita sedih untuk membantu mengatasi permasalahan remaja terutama berhubungan dengan kesedihan, kesepian, dan patah hati. Berbeda dengan media lama, media baru menekankan peran khalayak aktif dan selektif selektif menentukan pilihan media sesuai kebutuhan tetapi melihat tindakan yang dapat dilakukan teknologi atau fitur pada media tersebut. Penelitian ini menggunakan rumusan teori uses and gratification 2.0 oleh Sundar & Limperos dalam meneliti gratifikasi lebih baru yang berhubungan dengan kredibilitas teknologi fitur untuk memunjang produktivitas konten yang memuaskan pendengar. Menggunakan The MAIN Model dipilih, sebagai dimensi penelitian dengan 15 indikator turunan sebagai berikut: Modality, terdiri dari multimodal, mindless, bells & whistles, distraction. Agency, terdiri dari bandwagon, novelty, coolness, realism. Interactivity, terdiri dari activity, emotional-needs, social-presence, ownness. Navigability, terdiri dari variety-seeking, multitasking and productivity, play-fun. Penelitian ini menggunakan metode survei pendekatan kuantitatif-eksplanatif, guna mengetahui perbedaan signifikan antara motif dengan kepuasan pendengar dalam mendengarkan channel podcast Rintik Sedu pada platform Spotify. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling secara purposive sampling dengan melibatkan sebanyak 200 responden yang mendengarkan podcast Rintik Sedu pada platform Spotify. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 kepuasan yang berhasil dipenuhi channel podcast Rintik Sedu kepada khalayak pendengar yaitu kepuasan agensi, kepuasan interaktivitas, dan kepuasan navigasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Podcast, Motif, Kepuasan, The MAIN Model, dan Teori Uses and Gratification 2.0
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:52
Last Modified: 12 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item