Fernando, Michael (2017) komunikasi antarpribadi orang tua-anak dalam pembentukan identitas agama anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (766kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (721kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi antarpribadi dalam suatu keluarga tentunya sangat penting, terutama bagi keluarga yang beda agama. Efektifitas komunikasi dalam keluarga beda agama sangat diperlukan agar tercipta hubungan interpersonal yang baik antara suami-istri serta orangtua-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua-anak beda agama dalam membentuk identitas diri anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi antarpribadi untuk melihat bagaimana kedekatan yang dibangun oleh orangtua terhadap anak yang berbeda agama. Proses berjalannya teori komunikasi antarpribadi ini adalah ketika orangtua melalukan sebuah komunikasi secara efektif. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa komunikasi yang dilakukan orangtua mempunyai dampak yang cukup besar terhadap perkembangan kepribadian anak dalam pembentukan identitas diri anak. Meskipun terdapat faktor-faktor lain seperti guru dan teman yang dapat mempengaruhi pembentukan identitas diri anak. Pada tahap ketika anak belum sadar mengenai agama, peran orangtua yang paling menonjol adalah peran keterbukaan. Pada tahap pencarian identitas agama terdapat faktor pendukung yang mempengaruhi pembentukan identitas agama anak yaitu faktor guru dan lingkungan. Komunikasi yang paling efektif yang dilakukan oleh orangtua terlihat pada tahap pencapaian identitas, peran orangtua terlihat dalam keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 200 Religion > 200 Religion 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 649 Child Care, Parenting, Child Clothing and Health, Moral Training |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 07:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2618 |
Actions (login required)
View Item |