Korelasi Konsumsi Berita dengan Perilaku Mengakses, Menemukan, dan Terlibat dengan Berita (Survei Audiens Muda dalam Berita Politik)

Anggini, Nadia (2023) Korelasi Konsumsi Berita dengan Perilaku Mengakses, Menemukan, dan Terlibat dengan Berita (Survei Audiens Muda dalam Berita Politik). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam mendapatkan informasi mengubah siklus mengakses dan menemukan berita yang sebelumnya pasif beralih ke budaya partisipatif. Di mana audiens dapat menggunakan media dan segala fiturnya untuk secara aktif terlibat dalam mengomentari, berbagi, dan berdiskusi. Skripsi ini membahas mengenai korelasi mengakses, menemukan, dan terlibat dengan berita sebagai perilaku audiens dalam mengonsumsi media. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Ketika ingin mengukur ketiga variabel penelitian menggunakan indikator internet use, news behaviour, interest in news, dan news engagement. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z dengan kelompok umur 15-24 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden. Dari hasil penelitian diketahui bawah tidak terdapat korelasi antara mengakses berita dengan terlibat pada berita. Namun, pada variabel menemukan dengan terlibat pada berita penelitian menemukan hasil adanya korelasi sebesar 0.687. Selain itu, melalui penelitian ini menemukan hasil bahwa tingkat mengakses berita generasi muda dikategorikan tinggi (mean=7,92), tingkat menemukan berita tinggi (mean=4,06), dan tingkat terlibat dengan berita tinggi (mean=3,27). Melalui penelitian ini juga ditemukan bahwa audiens muda melakukan keterlibatan dengan berita melalui diskusi dengan teman secara tatap muka. Penelitian juga menemukan hasil bahwa generasi muda cukup tertarik dengan berita politik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mengakses berita, menemukan berita, terlibat dengan berita 8 Korelasi Konsumsi Berita..., Nadia Anggini, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:46
Last Modified: 13 Jul 2023 10:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item View Item