Joseph Suah Meliala, Armando (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penggunaan Electronic Customs Declaration (ECD) dengan Pendekatan Expectation Disconfirmation Model (EDM) di Soekarno Hatta International Airport (SHIA). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Soekarno Hatta International Airport (SHIA) merupakan salah satu bandara internasional terbesar di Indonesia. Jumlah penumpang kedatangan internasional di SHIA pada tahun 2022 mencapai 3.518.429 orang meningkat 446,60% dibanding tahun 2021 sejumlah 643.688 orang, dimana mereka wajib memberitahukan barang bawaannya melalui Customs Declaration (CD). Dengan adanya transformasi digital di Kementerian Keuangan, berbagai instrumen didorong menjadi digital untuk akuntabilitas dan peningkatan kualitas layanan termasuk untuk CD. Selain CD konvensional (formulir kertas), saat ini Bea Cukai juga memberlakukan CD berbasis elektronik atau Electronic Customs Declaration (ECD). Namun sejak diterapkan pada Juli 2022, muncul berbagai keluhan baik secara lisan kepada petugas di lapangan, maupun keluhan secara tulisan berupa teknis pengisian ECD (83,14%), jaringan internet dan sistem yang tidak stabil (12,83%), dan keluhan lainnya. Meningkatnya keluhan karena ketidakpuasan penumpang terhadap penerapan ECD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang untuk menggunakan ECD dengan pendekatan Expectation Disconfirmation Model (EDM). Penelitian ini dilakukan dengan metode cross-sectional quantitative menggunakan purposive sample dengan 209 responden. Analisis data menggunakan Partial-Least Square Structural Equation Model untuk menganalisis berbagai hubungan antara variabel di dalam kerangka penelitian yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived Disconfirmation memiliki pengaruh terbesar terhadap Customer Satisfaction, diikuti oleh variabel Effort Expectancy dan System Quality. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan ECD lebih baik dari yang diharapkan, sehingga ekspektasi penumpang terkonfirmasi.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Expectation, System Quality, Disconfirmation, Satisfaction, Customs Airport |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 09:46 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 10:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26212 |
Actions (login required)
View Item |