Strategi Adaptasi Budaya Pekerja Asing dalam Mengatasi Gegar Budaya (Studi Kasus Pekerja Indonesia dengan Pekerja Jerman)

Farinda Fardila, Farinda Fardila (2023) Strategi Adaptasi Budaya Pekerja Asing dalam Mengatasi Gegar Budaya (Studi Kasus Pekerja Indonesia dengan Pekerja Jerman). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)

Abstract

Pekerja asing asal Indonesia yang bekerja di luarnegeri mengalami gegar budaya karena adanya perbedaan budaya, bahasa, norma, kebiasaan budaya asal dengan budaya lokal. Mereka harus berupaya untuk melakukan adaptasi untuk bisa menjalin relasi dengan komunitas lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab hambatan komunikasi, tahapan gegar budaya, dan strategi adaptasi budaya yang dilakukan tenaga kerja Indonesia ketika bekerja di Jerman. Penelitian ini menggunakan teori adaptasi budaya. Metode penelitian yang digunakan studi kasus dari Robert K. Yin dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja asing asal Indonesia memiliki hambatan komunikasi perbedaan bahasa, perbedaan gaya komunikasi, perbedaan gaya bahasa, dan perbedaan suasana dalam komunikasi. Tahapan gegar budaya sesuai dengan model Kurva-U yaitu fase perencanaan, fase honeymoon, fase frustasi, fase readjustment, fase resolution. Dan strategi adaptasi ada dua tahapan pertama, cultural adaptation memiliki satu hal utama yaitu bentuk terjadinya proses ini pengiriman pesan dari penduduk lokal yang dipahami individu pendatang hal ini dinamakan enculturation yang terjadi ketika beradaptasi, kedua tahap cross-cultural adaptation yang memiliki tiga hal utama yaitu acculturation ketika tenaga tenaga kerja Indonesia telah memulai proses adaptasi dengan berkomunikasi dengan budaya baru, deculturation yaitu mempengaruhi psikologis dan perilaku sosial para pendatang yang diikuti identitas baru, norma, dan nilai budaya, dan assimilation yaitu keadaan yang di mana pendatang mulai mengurangi perilaku atau kebiasaan lama yang tidak dapat diterima di kebudayaan baru.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Hambatan Komunikasi, Gegar Budaya, Strategi Adaptasi, Pekerja Asing
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:44
Last Modified: 20 Jul 2023 10:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item