Implementasi Community Marketing Harian Kompas dalam Meraih Brand Advocacy (Studi Kasus Kompas Corner UMN)

Olivia Aldisa, Tasya (2023) Implementasi Community Marketing Harian Kompas dalam Meraih Brand Advocacy (Studi Kasus Kompas Corner UMN). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Community Marketing yang dilakukan melalui brand community dapat mempengaruhi kepuasan dan keterlibatan pelanggan serta membuahkan dampak positif bagi brand, membantu menghasilkan `community relationship investment' yang dapat meningkatkan hubungan konsumen terhadap brand, dan mampu menghasilkan brand advocacy. Harian Kompas melalui Kompas Corner UMN, menjalin hubungan pertukaran sosial yang menguntungkan. Dalam implementasi Kompas Corner UMN sebagai brand community, banyak dampak positif yang diharapkan oleh Harian Kompas, salah satunya adalah munculnya tindakan advokasi dari anggota komunitas kepada generasi muda lainnya yang ada di lingkungan kampus tempat komunitas berada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan metode studi kasus single-case study. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur dengan acuan konsep Community Marketing, Brand Community, Brand Advocacy, The New Customer Path (5A), dan Teori Pertukaran Sosial. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan construct validity dari Yin (2018) dan triangulasi data dari Creswell (2014). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi community marketing yang dilakukan Harian Kompas melalui Kompas Corner UMN dapat membantu meraih brand advocacy, menghasilkan banyak pengaruh positif bagi brand seperti loyalitas, preferensi brand, perubahan perspektif atau pandangan anggota menjadi lebih baik, keterlibatan anggota, ide/masukan mengenai target pelanggan baru, dan kerja sama dengan brand lain yang memiliki tujuan sama.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand Community, Brand Advocacy, Community Marketing, Harian Kompas, Kompas Corner UMN
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:47
Last Modified: 20 Jul 2023 10:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26271

Actions (login required)

View Item View Item