Olivia Aldisa, Tasya (2023) Implementasi Community Marketing Harian Kompas dalam Meraih Brand Advocacy (Studi Kasus Kompas Corner UMN). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Community Marketing yang dilakukan melalui brand community dapat mempengaruhi kepuasan dan keterlibatan pelanggan serta membuahkan dampak positif bagi brand, membantu menghasilkan `community relationship investment' yang dapat meningkatkan hubungan konsumen terhadap brand, dan mampu menghasilkan brand advocacy. Harian Kompas melalui Kompas Corner UMN, menjalin hubungan pertukaran sosial yang menguntungkan. Dalam implementasi Kompas Corner UMN sebagai brand community, banyak dampak positif yang diharapkan oleh Harian Kompas, salah satunya adalah munculnya tindakan advokasi dari anggota komunitas kepada generasi muda lainnya yang ada di lingkungan kampus tempat komunitas berada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan metode studi kasus single-case study. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur dengan acuan konsep Community Marketing, Brand Community, Brand Advocacy, The New Customer Path (5A), dan Teori Pertukaran Sosial. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan construct validity dari Yin (2018) dan triangulasi data dari Creswell (2014). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi community marketing yang dilakukan Harian Kompas melalui Kompas Corner UMN dapat membantu meraih brand advocacy, menghasilkan banyak pengaruh positif bagi brand seperti loyalitas, preferensi brand, perubahan perspektif atau pandangan anggota menjadi lebih baik, keterlibatan anggota, ide/masukan mengenai target pelanggan baru, dan kerja sama dengan brand lain yang memiliki tujuan sama.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand Community, Brand Advocacy, Community Marketing, Harian Kompas, Kompas Corner UMN |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:47 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26271 |
Actions (login required)
View Item |