Marchelina, Elisa (2023) Marketing Communication Strategy through Gramedia Podcast SINOPSIS. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (960kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (356kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (330kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Strategi marketing adalah hal penting yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk mencapai suatu tujuan komunikasi pemasaran, seperti dalam melakukan promosi produk. Salah satu cara perusahaan merealisasikan strategi marketing untuk mempromosikan produk di era digital ini adalah menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi massa kepada masyarakat. Terdapat berbagai macam media sosial yang digunakan perusahaan sebagai alat komunikasi, salah satunya adalah YouTube. Banyak strategi marketing yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan promosi produk di YouTube. Penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana strategi marketing perusahaan Gramedia dalam melakukan promosi produk melalui podcast "SINOPSIS" di kanal YouTube-nya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti menggunakan teori komunikasi massa yang didukung dengan konsep strategi marketing, teknik promosi, media sosial, dan podcast sebagai landasan dalam melaksanakan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi kepada partisipan, dan dokumentasi yang akan menjadi pendukung untuk melengkapi data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Gramedia telah melakukan kedelapan tahapan merancang strategi marketing. Gramedia juga menggunakan strategi marketing soft selling dan hard selling untuk mempromosikan produknya melalui podcast SINOPSIS di kanal YouTube-nya. Namun, secara proporsional lebih banyak menggunakan soft selling, seperti storytelling dan product placement.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Gramedia, podcast, promosi produk, strategi marketing, YouTube |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:48 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26285 |
Actions (login required)
View Item |