Debora Imanuel, Keren (2023) Pola Komunikasi Shadow Teacher kepada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler di Surabaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (169kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing saat mereka lahir di dunia ini, ada yang normal dan ada juga yang memerlukan perlakuan khusus, seperti anak autisme. Autisme sendiri merupakan sebuah gangguan perkembangan secara menyeluruh khususnya dalam hal berkomunikasi dan bersosialisasi. Sama seperti anak-anak normal lainnya, anak autisme juga memerlukan pendidikan yang layak. Maka latar sekolah dan guru menjadi hal yang penting bagi mereka. Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta, penyebaran sekolah bagi anak berkebutuhan khusus di Surabaya juga terbilang sedikit. Hal ini menjadi salah satu alasan sekolah reguler di Surabaya, menerima anak autisme dan anak non- disabilitas di kelas yang sama. Shadow teacher atau guru pendamping menjadi ujung tombak bagi anak autisme dalam memahami setiap materi ajar yang ada. Sehingga pola komunikasi yang terjalin juga harus tepat, hal ini merupakan tujuan utama dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dan pola komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara secara mendalam. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pola komunikasi yang tepat adalah pola komunikasi primer yang di dalamnya terdapat beberapa faktor penting yaitu dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dimengerti, pengajaran yang konsisten, secara aktif menanamkan komunikasi dengan model dua arah, dan memiliki simbol dalam berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Autisme, Interpersonal, Pola Komunikasi, Shadow teacher |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:48 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26288 |
Actions (login required)
View Item |