Representasi Budaya Workaholism di tengah pandemi Covid-19 dalam Video Musik "untuk Apa/untuk Apa?"

Funando, Vincent (2023) Representasi Budaya Workaholism di tengah pandemi Covid-19 dalam Video Musik "untuk Apa/untuk Apa?". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya budaya workaholism di masyarakat, yang merupakan keadaan ketika seseorang ingin terus bekerja hingga diluar keadaan normal yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, dan cenderung memiliki dampak buruk bagi diri sendiri maupun lingkungan. Dengan munculnya budaya workaholism, banyak media massa yang kemudian menkostruksi budaya tersebut melalui berbagai bentuk media, salah satunya adalah video musik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes dan teori representasi untuk melihat bagaimana video musik "Untuk Apa / Untuk Apa?" merepresentasikan budaya workaholism. Dalam pelaksanaannya, peneliti memilih lima scene untuk diteliti dan berdasarkan kesimpulan pada setiap scene, peneliti menemukan bahwa video musik "Untuk Apa / Untuk Apa?" merepresentasikan workaholism yang terjadi pada saat pandemi Covid-19 melalui visual kegiatan masyarakat pada saat itu. Namun dalam hal ini peneliti tidak melihat adanya pancaran langsung dari makna sesungguhnya apabila hanya berdasarkan visual yang ditampilkan, dikarenakan dibutuhkan kemampuan menginterpretasikan bahasa dan simbol untuk mendapatkan makna yang lebih luas dari video musik ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Covid-19, Media Baru, Representasi, Video Musik, Semiotika, Workaholism. xi Representasi Budaya Workaholism..., Vincent Funando, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:50
Last Modified: 20 Jul 2023 10:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26302

Actions (login required)

View Item View Item