Funando, Vincent (2023) Representasi Budaya Workaholism di tengah pandemi Covid-19 dalam Video Musik "untuk Apa/untuk Apa?". Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
| 
 | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (871kB) | Preview | |
| 
 | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (712kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_I.pdf Download (3MB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_II.pdf Download (787kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_III.pdf Download (661kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | |
| 
 | PDF BAB_V.pdf Download (636kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | 
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya budaya workaholism di masyarakat, yang merupakan keadaan ketika seseorang ingin terus bekerja hingga diluar keadaan normal yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, dan cenderung memiliki dampak buruk bagi diri sendiri maupun lingkungan. Dengan munculnya budaya workaholism, banyak media massa yang kemudian menkostruksi budaya tersebut melalui berbagai bentuk media, salah satunya adalah video musik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes dan teori representasi untuk melihat bagaimana video musik "Untuk Apa / Untuk Apa?" merepresentasikan budaya workaholism. Dalam pelaksanaannya, peneliti memilih lima scene untuk diteliti dan berdasarkan kesimpulan pada setiap scene, peneliti menemukan bahwa video musik "Untuk Apa / Untuk Apa?" merepresentasikan workaholism yang terjadi pada saat pandemi Covid-19 melalui visual kegiatan masyarakat pada saat itu. Namun dalam hal ini peneliti tidak melihat adanya pancaran langsung dari makna sesungguhnya apabila hanya berdasarkan visual yang ditampilkan, dikarenakan dibutuhkan kemampuan menginterpretasikan bahasa dan simbol untuk mendapatkan makna yang lebih luas dari video musik ini.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) | 
|---|---|
| Creators: | Funando, Vincent (00000034807) | 
| Contributors: | Okta Wibowo, Tangguh | 
| Keywords: | Covid-19, Media Baru, Representasi, Video Musik, Semiotika, Workaholism. xi Representasi Budaya Workaholism..., Vincent Funando, Universitas Multimedia Nusantara | 
| Subjects: | 300 Social Sciences | 
| Sustainable Development Goals: | Goal 03. Ensure healthy lives and promote well-being Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning Goal 08. Promote sustained, inclusive and sustainable economic growth, full and productive employment and work for all | 
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication | 
| Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:50 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26302 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              