Representasi Iklan Mobil Listrik Hyundai Ioniq5 pada Iklan Youtube

Farren Halim, Calvin (2023) Representasi Iklan Mobil Listrik Hyundai Ioniq5 pada Iklan Youtube. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah polusi udara pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. 75% penyumbang polusi udara akibat dari asap kendaraan bermotor darat yaitu motor dan mobil. Hal ini membuat industri otomotif mengembangkan teknologi Electric Vehicle (EV) yang lebih ramah untuk lingkungan dan tidak menyebabkan polusi. Tetapi masyarakat Indonesia masih memiliki keraguan dan pertimbangan dalam membeli EV, mengingat masih sangat baru di Indonesia. Untuk meneliti fenomena ini penulis akan menggunakan produk mobil EV Hyundai IONIQ5 yang dibuat langsung di Indonesia. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui representasi EV. Penelitian ini melihat pada tanda dan simbol yang mengacu pada konsep EV melalui iklan Power Up the Future with Hyundai IONIQ5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Umberto Eco yang terdiri dari pemaknaan sign, signifie, denotasi, konotasi, mitos,dan representasi. Hasil penelitian ini menunjukan teknologi dan kekhawatiran masyarakat terjawab melalui penggunaan simbol, tanda,dan potongan adegan yang terdapat dalam iklan. EV IONIQ5 memang tidak bisa dikatakan murah dari segi harga akan tetapi setelah melakukan penelitian lebih dalam teknologi yang dimiliki IONIQ5 setara dengan mobil yang memiliki harga milyaran, bahkan terdapat teknologi yang belum ada sebelumnya. Kesimpulan penelitian ini adalah Hyundai telah menjawab kekhawatiran masyarakat dan menunjukan teknologi mereka yang direpresentasikan dengan berbagai hal. Meskipun EV masih baru di Indonesia serta fasilitasnya juga belum mumpuni sepenuhnya, akan tetapi EV tetap bisa menjadi pertimbangan mengingat pemerintah turut serta dalam perkembangan EV.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mobil Listrik, Semiotika, Iklan, Energi Terbarukan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:51
Last Modified: 20 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item