Pemaknaan Anak Tengah Generasi Z Mengenai Middle Child Syndrome (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal pada Anak Tengah)

Augita Pradiaswari, Evania (2023) Pemaknaan Anak Tengah Generasi Z Mengenai Middle Child Syndrome (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal pada Anak Tengah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)

Abstract

Anak tengah kerap merasa diabaikan dan dikucilkan oleh orang tua sendiri. Istilah untuk anak tengah yang mengalami dan merasakan perasaan tersebut adalah middle child syndrome, namun tidak semua anak tengah merasakannya. Faktor komunikasi kemudian menjadi faktor yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak karena komunikasi adalah dasar dari seluruh hubungan manusia, baik dalam bentuk perorangan, kelompok, atau organisasi. Peneliti akan berfokus untuk membahas bagaimana anak tengah melihat fenomena middle child syndrome yang dilihat dari kacamata komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi IPA dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas partisipan yang merupakan anak tengah merasa tersingkirkan dalam keluarga. Anak sulung dan bungsu memiliki kedekatan interpersonal yang tidak bisa dirasakan oleh anak tengah. Anak tengah dapat merasakan perhatian yang maksimal dari orang tua apabila anak tengah dapat menunjukkan keunikan dirinya dibanding kakak dan adiknya. Komunikasi interpersonal yang efektif diperlukan oleh orang tua untuk menjalin hubungan yang akrab dengan anak tengah. Kesimpulan dari penelitan ini adalah rata-rata anak tengah mengaku mengalami middle child syndrome. Perhatian orang tua dapat diperoleh apabila anak dapat memperlihatkan keunikannya. Orang tua perlu memberikan perhatian merata dan melakukan pendekatan interpersonal kepada setiap anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: anak tengah, komunikasi interpersonal, middle child syndrome, urutan kelahiran.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:53
Last Modified: 20 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26332

Actions (login required)

View Item View Item