Natalina, Jessenia (2023) Analisis Resepsi Khalayak terhadap Kekerasan Simbolik pada Anime Wolf Girl and Black Prince. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (379kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (391kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perempuan dalam media sering kali menjadi korban kekerasan simbolik dimana media membuat tokoh perempuan seperti subordinat dan inferior melalui penokohan, alur cerita, serta adegan-adegan yang ditampilkan. Budaya popular Jepang yakni, anime turut andil dalam menggambarkan tokoh perempuan yang inferior serta menampilkan dominasi dari tokoh laki- laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pemahaman khalayak terhadap kekerasan simbolik pada anime Wolf Girl and Black Prince. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode studi resepsi oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan teori encoding-decoding milik Stuart Hall dan menempatkan penonton menjadi tiga posisi yakni, dominant hegemonic, negotiated, dan oppositional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kelompok yang berada di posisi negotiated dan oppositional. Hasil penelitian didasari dari perbedaan pemaknaan masing-masing penonton terhadap kekerasan simbolik pada anime Wolf Girl and Black Prince.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kekerasan Simbolik, Analisis Resepsi, Stereotype, Anime, Wolf Girl and Black prince |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:53 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26334 |
Actions (login required)
View Item |