Implementasi Community Development Kampus Umkm Shopee dalam Membantu Umkm Go Digital di Indonesia

Pranata, Dennis (2023) Implementasi Community Development Kampus Umkm Shopee dalam Membantu Umkm Go Digital di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Imbauan UMKM Go Digital dikeluarkan oleh pemerintah akibat dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan berubahnya cara komunikasi antara pelaku UMKM dengan masyarakat. Kemenko Perekonomian menyebutkan bahwa mayoritas UMKM mengalami dampak negatif dari pandemi dan hanya sedikit yang mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, Kominfo mengimbau para platform e-commerce untuk membuka ruang yang lebih untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Shopee sebagai salah satu platform e-commerce turut membantu UMKM lewat community development dalam program Kampus UMKM Shopee. Penelitian ini berfokus untuk memahami lebih dalam mengenai implementasi dari community development Kampus UMKM Shopee. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme dan metode studi kasus. Teori dan konsep yang digunakan adalah teori community development dan pemahaman UMKM. Penelitian dilakukan terhadap Kampus UMKM Shopee dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kampus UMKM Shopee telah menerapkan 8 tahap perencanaan program community development di mana hingga saat ini, Kampus UMKM Shopee telah tersebar di 10 kota di Indonesia dan telah membantu banyak pelaku UMKM untuk mengembangkan tokonya, meningkatkan omzetnya, hingga ada yang berhasil melakukan ekspor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, UMKM Go Digital, Kampus UMKM Shopee
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:54
Last Modified: 20 Jul 2023 10:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item