Pengalaman Wisata Penggemar K-Pop dan K-Drama di Indonesia ke Korea Selatan

Sukma Ramadhan, Zahrany (2023) Pengalaman Wisata Penggemar K-Pop dan K-Drama di Indonesia ke Korea Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena Hallyu menciptakan segmen baru di bidang pariwisata yang membuat banyak turis melakukan perjalanan wisata didorong oleh budaya pop atau tema media relatif tertentu seperti K-Pop, K-Drama merasa kurang puas saat mengunjungi destinasi turis yang sudah umum saat mengunjungi Korea Selatan. Segmen baru di bidang pariwisata ini perlu diulas lebih dalam untuk membantu pemulihan sektor pariwisata Korea Selatan mengingat adanya peran Hallyu yang signifikan dalam sektor pariwisata. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi pengalaman penggemar Hallyu dari Indonesia khususnya K-Pop dan K-Drama dalam berwisata ke destinasi terkait Hallyu di Korea Selatan. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fan Tourism, Pengalaman Wisata, dan Hallyu dengan berfokus pada K-Pop dan K-Drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap lima partisipan, observasi non-partisipan, serta studi pustaka. Analisis data dilakukan sesuai dengan tahapan teknik analisis data dari fenomenologi Husserl. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga tema, yakni motivasi, kesan, dan kepuasan dalam pengalaman wisata paritispan. K-Pop dan K-Drama memotivasi partisipan untuk berkunjung ke Korea Selatan, dan motivasi tersebut terkait dengan tindakan saat berwisata. Saat mengunjungi tempat wisata terkait K-Pop dan K-Drama partisipan memiliki kesan seakan ada keterikatan tempat tersebut dengan idola yang membuat mereka sehingga terbentuklah makna spesial suatu tempat. Secara keseluruhan paritispan merasa puas dalam mengunjungi tempat-tempat terkait K- Pop dan K-Drama karena sesuai dengan ekspektasinya, dan mereka menyatakan kecintaannya yang lebih mendalam terhadap Korea Selatan dan keinginannya untuk berwisata kembali ke Korea Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pengalaman Berwisata, Fan Tourism, K-Pop, K-Drama Pariwisata Korea Selatan Pengalaman Wisata Penggemar..,Zahrany Sukma Ramadhan, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:55
Last Modified: 20 Jul 2023 11:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item View Item