Regina, Cherish (2023) Perilaku Cyberbullying Pemain dalam Game Hotel Hideaway. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (392kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (370kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Game online, merupakan salah satu akar penyebab terjadinya peningkatan dalam penerapan aksi cyberbullying. Salah satunya dapat kita jumpai dalam game Hotel Hideaway, di mana para pemainnya kerap melakukan cyberbullying antar satu sama lain. Untuk itu, tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh pemain game Hotel Hideaway. Konsep cyberbullying dan jenis cyberbullying yang dikemukakan oleh Willard menjadi landasan untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode netnografi. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini berupa dialog yang mengandung unsur cyberbullying, yang pernah diungkapkan oleh pemain game Hotel Hideaway. Observasi terhadap data dilakukan selama 2 bulan dan dianalisis secara tematik berdasarkan jenis-jenis perilaku cyberbullying. Hasil penelitian mengidentifikasi 3 jenis perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh pemain game Hotel Hideaway, yaitu flaming, online harassment, dan pseudonyms. Flaming biasanya meliputi kata-kata yang bentuknya cacian, makian, dan keinginan untuk melakukan kekerasan fisik, sedangkan online harassment dilakukan dalam bentuk hinaan, diskriminasi, penyinggungan seksualitas, dan penyinggungan sensitivitas. Sedangkan pseudonyms merupakan identitas anonim yang digunakan untuk melakukan tindak cyberbullying tersebut. Melihat jenis-jenis perilaku cyberbullying dalam game Hotel Hideaway, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran setiap kita, terlebih lagi para pemain permainan online, untuk lebih bisa mengendalikan perkataan dan perbuatan yang menjurus pada penerapan aksi cyberbullying.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Cyberbullying, Jenis Cyberbullying, dan Hotel Hideaway |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:56 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26362 |
Actions (login required)
View Item |