Makna Pengalaman Fujoshi & Himejoshi di Tengah Heteronormativitas Indonesia

Priscilla, Anastasia (2023) Makna Pengalaman Fujoshi & Himejoshi di Tengah Heteronormativitas Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan pendapat. Globalisasi teknologi membawa perubahan pada media, seperti tema queer yang jarang dibahas di Indonesia. Tema ini membicarakan hubungan cinta tanpa batasan identitas gender dan mulai dikenal melalui film, anime, manga, dan drama series yang populer di media sosia dan memunculkan komunitas perempuan yang menyukai karya LGBTQ. Namun, komunitas ini masih dianggap tabu dan tidak dianggap normal oleh masyarakat Indonesia karena dianggap bertentangan dengan moral dan agama, yang juga berkaitan dengan konten LGBTQ yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman Fujoshi & Himejoshi di tengah keadaan heteronormatif di Indonesia dan bagaimana para partisipan memaknai pengalaman mereka sebagai Fujoshi & Himejoshi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi Husserl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman Fujoshi & Himejoshi memberikan hiburan visual, audio, dan teks, serta menciptakan keterbukaan di kalangan lingkungan eksklusif yang membatasi pemahaman tentang keragaman seksualitas. Penelitian ini menemukan bahwa partisipan dapat lebih terbuka terhadap hal-hal di luar lingkungan mereka. Melalui konsumsi konten BL&GL, penelitian ini menemukan bahwa partisipan menjadi sadar akan keragaman orientasi seksual yang ada. Namun, mereka tetap menghadapi keterbatasan dalam mengonsumsi konten yang disukai karena pandangan negatif dan tuduhan terkait orientasi seksual mereka. Harapannya adalah agar perempuan dapat mengonsumsi media BL&GL, terutama dengan tema dewasa secara normal tanpa adanya penghakiman. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsumsi konten BL&GL memiliki potensi dalam membentuk identitas seseorang dan mengubah persepsi tentang hal-hal yang dianggap tabu menjadi hal yang normal. Namun, masih terdapat kesulitan dalam mengungkapkan diri karena faktor keluarga, agama, dan tradisi yang masih mengedepankan heteronormativitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fujoshi & Himejoshi, Konten Queer, Heteronormativitas, Fenomenologi Husserl, Perempuan Makna Pengalaman Fujoshi..., Anastasia Priscilla, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:57
Last Modified: 20 Jul 2023 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item