Analisis Jaringan pada Akun Menfess Twitter dalam Membuka Ruang Diskusi Mengenai Kekerasan Seksual

Amadea Jovita Saputra, Fiorentina (2023) Analisis Jaringan pada Akun Menfess Twitter dalam Membuka Ruang Diskusi Mengenai Kekerasan Seksual. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)

Abstract

Budaya patriarki membuat suatu stigma bahwa perempuan adalah lebih rendah dari laki-laki dan dipandang sebagai bawahan, masyarakat pun telah mengembangkan sikap tertentu terhadap kasus kejahatan berbasis gender yakni kekerasan seksual. Kasus kejahatan ini pun tidak luput dari pemberitaan namun dengan adanya media baru, pemberitaan kasus ini pun mulai tergeser secara digital salah satunya adalah melalui Twitter. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui jaringan komunikasi yang terbentuk dari akun menfess Twitter dalam membuka ruang diskusi mengenai topik kekerasan seksual serta mengetahui aktor dominan yang mempengaruhi komunikasi dalam diskusi ini. Peneliti menggunakan konsep komunikasi co-cultural beserta dengan opini publik secara digital dan kultur pemerkosaan sebagai acuan dari penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivistik. Metode yang dipakai adalah Social Network Analysis (SNA) dan pengumpulan data informan menggunakan software Netlytic.org. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jaringan yang terbentuk dalam komunikasi ini tidak terorganisir, spontan dan kebanyakan dari interaksi hanya berjalan sepihak, atau tidak bertimbal balik. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa terdapat 5 aktor yang dominan. Akun @segaranirmala memiliki andil yang besar dalam mengubah persepsi aktor lainnya dengan hasil eigenvector sempurna yakni 1.0.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jaringan Komunikasi, Ruang Diskusi, Twitter, Kekerasan Seksual 8 Analisis Jaringan Komunikasi Akun Menti..., Fiorentina Amadea Jovita Saputra, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:57
Last Modified: 20 Jul 2023 10:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item View Item