Strategi Copywriting melalui Emotional Storytelling pada Kampanye "Pesan dari Rumah" Gojek Indonesia

Putri Kustrianto, Esteriani (2023) Strategi Copywriting melalui Emotional Storytelling pada Kampanye "Pesan dari Rumah" Gojek Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Gojek Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang platform multi- layanan membuat kampanye di masa pandemi Covid-19 dan menggunakan storytelling untuk menarik perhatian publik dalam beriklan. Saat mengalami pandemi, Gojek Indonesia membuat kampanye "Pesan dari Rumah" untuk mempersuasi publik agar mau mengiktui protokol kesehatan J3K yang dibuat oleh Gojek Indonesia. Persuasi yang diterima oleh publik menggunakan rute periferal dalam elaboration likelihood model. Dalam menyampaikannya, copywriting digunakan melalui strategi. Ada 9 tahap menciptakan copywriting (Shaw & Lingwood, 2022), dilengkapi dengan tujuan copywriting (Landa, 2021), serta pemahaman akan pembacanya (Horberry & Lingwood, 2014). Copywriting yang digunakan mengedepankan emotional storytelling sebagai sarana menceritakan kisah untuk menyampaikan protkol kesehatan J3K. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan yang terlibat langsung dalam pembuatan kampanye. Hasil dari penelitiannya menunjukkan Gojek Indonesia menyampaikan pesan melalui emotional storytelling pada copywriting melalui berbagai tahap, dengan tujuan kembali meraih kepercayaan publik untuk menggunakan moda transportasi Gojek Indonesia. Cerita yang disampaikan dalam kampanye menonjolkan keselamatan yang diutamakan oleh para mitra pengemudi Gojek datang dari keluarganya di rumah, sehingga para pelanggan tidak perlu merasa takut di tengah pandemi dan tetap menggunakan layanan Gojek Indonesia untuk kesehariannya. Dengan melihat sudut pandang dari anggota keluarga driver GoCar dan GoRide, sisi emosional pada cerita lebih terlihat melalui script iklan TV, out of home, dan social media dalam bentuk surat dari para anggota keluarga driver.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: advertising, copywriting, emotional storytelling
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:44
Last Modified: 22 Jul 2023 10:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item