Karya Cipta Media Ajar SUKA atau Susun Kata I (Pemula) Cetak (Workshop Penguasaan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Media Ajar Kreativitas BIPA Dahsyat: Permainan Susun Kata (SUKA))

Kuntarto, Niknik M and Pardosi, Ariani Selvianan (2016) Karya Cipta Media Ajar SUKA atau Susun Kata I (Pemula) Cetak (Workshop Penguasaan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Media Ajar Kreativitas BIPA Dahsyat: Permainan Susun Kata (SUKA)). Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Karya Cipta Media Ajar SUKA atau Susun Kata I (Pemula) Cetak.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bermain dan berbahasa adalah dua kodrat dasariah manusia, baik secara ontologis, epistemologis maupun aksiologis. Era Informasi melahirkan penggunaan ragam bahasa yang kreatif, tidak selalu formal EYD, bahkan beberapa di antaranya cenderung main-main. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga mendorong lahir dan berkembangnya permainan dijital, yang mentransformasi jenis maupun cara pembelajar BIPA sekarang mengidentifikasi dirinya dengan permainan. Alih-alih mendistraksi dan menjauhkan anak-anak dari realitas, penggunaan metode bermain, baik permainan tradisional maupun permainan dijital, yang mengeksplorasi keterampilan dan penguasaan berbahasa pada anak-anak, sejauh diarahkan berdasarkan kerangka nilai yang luhur dan jelas, justru akan membentuk karakter yang santun, peduli, berani, riang, dan kreatif.

Item Type: Others
Keywords: penguasaan bahasa Indonesia, metode bermain, retorika bermain, kreativitas berbahasa, permainan bahasa, pembentukan karakter
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Schools and their activities, special education
400 Language > 490 Other language > 495 Languages of East and Southeast Asia (Incl. Bahasa Indonesia)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:22
Last Modified: 16 Aug 2023 08:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item View Item